Kamis, 10 Januari 2013

Menikmati Kota Tepian



Samarinda adalah ibukota dari Provinsi Kalimantan Timur alias Borneo Timur. Kenapa borneo? saya baca di beberapa sumber sih katanya dahulu kala Pulau Kalimantan ini adalah punya raja Brunei Darussalam. Tetapi karena Belanda sangat tamak, makanya direbutlah oleh mereka dan membagi Pulau Kalimantan ini dengan kerjaan Brunei Darussalam atau sekarang sudah menjadi negara yang kaya raya makmur sentausa, juga Malaysia. Bisa dilihat kan di peta dunia.


Untuk tempat wisata di Samarinda sih tidak terlalu banyak, tetapi cukup menarik dan bisa menghibur diri. Apalagi sudah banyak kok blog yang menjelaskan beberapa wisata - mall - pasar - dan tempat umum lain di samarinda ini. Yang pasti untuk biaya hidup disini memang MAHAL, hehe... mau belanja di pasar tradisional ataupun supermarket. Kalau saya sih 3x seminggu belanja ke Pasar pagi yang sebelahan dengan Mesra Mall, untuk jalannya saya sendiri juga tidak hafal. Pegawai rantau seperti saya tentulah tinggalnya di mess, seharusnya sih rasa tenggang rasa tinggi akan tetapi banyaknya manusia yang datang silih berganti pastilah memiliki sifat dan attitude yang beragam. Lebih baik diam sajalah

Untuk lebih tau mengenai Kaltim bisa saja kunjungi http://www.pariwisatakaltim.com/ bagi kalian yang akan ke Borneo dan memerlukan tujuan wisata. Yuk sedikit jalan jalan ke Samarinda dulu dengan saya, ala saya....


PERTAMA
Islamic Center Mosquito - Jl. Slamet Riyadi - Samarinda

Ini adalah masjid yang megah dan bagus yang dimiliki Samarinda, kalau sore ramai bubuhan maen bola dan sekitarnya ada Sungai Mahakam juga ada beberapa toko oleh-oleh khas Samarinda seperti kerupuk amplang, lempake durian, dll


KEDUA

Bicara tentang sungai mahakam, wah saya bisa dibuat takjub olehnya. Apalagi jika kita lihat di pai hari dari ketinggian seperti hotel atau di Mall. Seperti laut yang dilalui kapal kapal berjalan lambat membawa batubara. Rumah-rumah penduduk pun jarak air dengan lantai rumah mereka tak begitu jauh, hihihi... mungkin saking tenangnya ya? di pinggir sungai biasas di sebut dengan Tepian sungai mahakam, kalau sore rame dan malam buanyak yang jualan tahu tek.. harganya? kalo di surabaya cukup 6rb saja, ini Samarinda brai.. bisa 10rb-13rban.

Tepian mahakam2
Tepian Mahakam


TIGA

Bandara di Samarinda ini masih belum aktif, jadi jika saya ingin ke Surabaya harus ke Balikpapan dulu di bandara Sepinggan. Jaraknya sekitar 2 jam dari tempat ku jika pagi hari. Untuk transportasinya bisa juga menyewa mobil+supir sekitar Rp. 250.000 atu travel per seat antara 90rb-110rb tetapi kita datang ke lokasi kantor travelnya yah. Ada juga sih bis kota, tetepai aku belum pernah naik kendaraan transportasi ini. Berharap seoga pembangunan segera selesai dan tentunya aman untuk kita semua. 

ini deh saya beri info tentang tujuan wisata lainnya : 


Kebun Raya Unmul Samarinda

Merupakan Hutan Pendidikan dan Kebun Botani sebagain tujuan wisata bernuansa alami. Memiliki beberapa karakteristik dengan dikembangkannya Hutan Pendidikan seluas 62.4 Ha menjadi Arboretum Hutan Buatan yang meliputi Hutan Alam, Hutan Tanaman Daun Lebar, Hutan Tanaman Konifer, Kebun Bunga, Kebun Buah, Kebun Palma dan Kebun Bambu. Fasilitas yang terdapat di tempat ini adalah Kolam Memancing, Sepeda Air, Restoran, Penangkaran Satwa (Burung Hutan Tropis, Payau, Buaya Muara, Orang Utan dan lain-lain). Lokasi obyek wisata ini + 12 km dari arah Utara Kota Samarinda dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Kawasan Desa Wisata Budaya Pampang
Adalah sebuah Taman Budaya Suku Dayak, di area ini dapat dilihat situasi dan keadaan Desa Suku Dayak Kenyah. Desa Budaya Pampang merupakan alternatif bagi wisatawan yang ingin melihat kehidupan suku pedalaman khususnya Suku Dayak Kenyah. Di tempat ini pula dapat dilihat sebuah Lamin yaitu rumah tradisional Suku Dayak, serta beberapa atraksi wisata seni budaya lainya.
Kelurahan Sungai Siring Kecamatan Samarinda Utara (lebih kurang 25 Km dari pusat Kota Samarinda) dapat dicapai dengan kendaraan umum trayek Pasar Segiri-Sungai Siring.

Pelas Tahun
Upacara Pelas Tahun Pampang merupakan kegiatan budaya yang dilakukan oleh masyarakat Suku Dayak Kenyah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan (NASIB) yang telah memberikan anugerah berupa panenan dari hasil pertanian masyarakat.


Air Terjun Tanah Merah
Air terjun dengan ketinggian 15 m ini, berlokasi di 14 Km dari pusat kota di Dusun Purwasari. Lokasi wisata ini sangat ideal untuk rekreasi keluarga. Fasilitas yang tersedia antara lain Pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon-pohon peneduh, warung serta areal parkir yang luas. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua/empat, serta angkutan umum trayek Pasar Segiri-Sungai Siring.

Masjid Raya Darussalam
Merupakan daya tarik wisata budaya yang terletak ditengah kota, pada dasawarsa tahun 60-70an. Sekitar awal tahun 1990-an, dilakukan pemugaran menyerupai sebuah Masjid di salah satu tempat di Timur Tengah. Masjid dengan konstruksi beton ini berlantai tiga dan dapat menampung lebih kurang 14.000 jema’ah, dilengkapi pula dengan Taman Kolam dan Perpustakaan.


Tepian Mahakam (Wisata Sungai Mahakam)
Sungai Mahakam merupakan alur sungai yang mengitari sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat dan Kota Samarinda. Aktifitas sosial budaya masyarakat Samarinda dapat kita saksikan, seperti pemanfaatan sungai sebagai sarana transportasi untuk angkutan penumpang dan barang serta hasil bumi yang diperdagangkan antar pulau dan diekspor ke mancanegara melalui Pelabuhan Samarinda. Pada malam hari dapat dikunjungi dan dinikmati pula jajanan Jagung bakar dan terdapat beberapa warung makan lainnya disepanjang bantaran tepian Sungai Mahakam ini.

Kerajinan Sungai Samarinda (Sarung Samarinda)
Berlokasi di Samarinda Seberang sebagai pusat yang dikenal sebagai Pusat Kerajinan Sarung Samarinda. Kerajinan Tenun Sarung ini mulanya dibawa oleh pendatang Suku Bugis dari Sulawesi yang berdiam di sisi kiri Sungai Mahakam. Hampir setiap hari perkampungan Suku Bugis (Kelurahan Masjid dan Baqa) dapat dilihat Pengrajin Sarung Samarinda.

Kalau ada waktu senggang saya juga ingin mengunjungi tempat- tempat di atas ya...
S_E_M_A_N_G_A_T


Untuk Mall ada beberapa nih contohnya : 
SAMARINDA CENTER PLAZA - wah kalau ini dekat aja dengan mess ku.. hihi... jalan kaki sudah bisa saja.. tempat favoriteku seperti Pizza Hut, Mc Donalds, Exelco coffee, XXI , Giant mart, juga ada Breadlife. ga terlalu lengkap sih .. tapi ckup lah ya... 




PLAZA MULIA Mall letaknya sedikit jauh dari mess aku, ada di Jl. Bayangkara kalau tidak salah. Dekat dengan Gor Segiri ini. Tempat Favorite ku seperti JCO Dougnout and Coffe, XO Suki, NAtasha Beauty Care, Matahari Dep Store, lalu beberapa toko sepatu dan baju lainnya.





LEMUSWANA Mall diambil dari tokoh lembuswana, gak telalu sering kesini sih aku.. kebanyakna gadget sama baju baju bgtu... ada Matahari Depstore pun ga se besar di PLAZA MULIA



SAMARINDA SQUARE malah jauh lagi dari Lembuswana Mall.. hehe... ada ACe Hardware dan beberapa tenant lain. Sepertinya sih masih baru aja.




ANGKOT alias Angkutan Kota disini namanya taxi karena kemanapun kita mau pergi bisa diantar dan bergantian dengan penumpang lain cukup 3rb saja. Karena di Samarinda kota jadi biasa sudah aku menaiki taxi B 



Kalao taxi yang pakai argo ada juga kok. Taxi Borneo namanya.

KULINER

ada Bubur ayam samarinda. jadi bubur ayam dengan kuah seperti soto. Porsi dan harganya juga lumayan NYABU tiap hari. Heee....




Beda Surabaya, beda juga Samarinda.. di Surabaya 24 jam pecel ada aja yang jual, di Samarinda nasi kuning yang ada aja 24 jam penjualnya. Namanya kampung nasi kuning di Jl. Lambun Mangkurat... mari dipilih-sipilih aja...




oia.. kelupan.. ini loh yang namanya amplang... kerupuk ikan khas Samarinda