Rabu, 19 Desember 2012

Perjalanan di kota madu, Kupang Nusa Tenggara Timur




Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur 
Apa yang anda pikirkan pertama kali tentang kota ini?
Kalau saya sih sebagai pecinta travelling pastinya memikirkan bahwa kota ini PANAS, GERSANG, CUACA EKSTRIM karena dekat dengan Benua Australia, serta Pulau Komodo yang bila ada kesempatan bolehlah kesana.

Silahkan Kunjungi website resmi tentang pemda Kota Kupang ya ;  


Agustus 2011 mau nggak mau transmigrasi lagi ke Pulau paling pinggir dari Indonesia ini. Saya berangkat dari Surabaya (ostosmastis lah... hehe...) Kali ini saya terbang dengan Sriwijaya Air, ramah semua SPG dan SPB nya hehe... ups, krna ini pesawat jadi namanya adalah pramugari dan pramugara ya!! RAMAH super super ramah hehe... Tetapi tak se ramah penumpang yang lain nih, wiihh udah berdesakan dan lagi rame, masih ditambah dengan barang bawaan yang buanyak be'udz... panas gileeee .... (pesawat kok panas? maksud aku di pintu pesawatnnya... antrii booo)

BANDARA UDARA EL TARI
Setelah mendarat ya segera lah saya menuju ke istana baru saya, haha....berharapnya sih bisa betah dan mendapatkan cukup tabungan,amiin. Selama perjalanan wiih, pohonnya kering karena mungkin seang meranggas... seperti kota kota di Eropa kalau aku lihat film bgtu deh, tapi panasnya ya ampyun,,, pake be'udz dweh... :)

GONG PERDAMAIAN
Kota Kupang ini sih tidak membuatku memerlukan adaptasi yang ekstra keras, karena cuaca alam dan penduduk sekitar sih biasa saja. Cuman ya itu, anjingnya banyak sekali.. jadi sedikit ingat kalau sedang di Pulau Bali. Karena mayoritas adalah Kristiani, jadi masjid juga jarang disini. Tetapisemua sih sejauh ini ramah semua penduduknya, tapi tetap ya "wong jowo'e akeh"

Untuk transportasi sih disini sama seperti daerah kecil pada umumnya, ada bis, angkot/kata mereka sih taxi, dan ojek. Semua relatif masih murah saja. 

Untuk kuliner, yang paling terkenal disini adalah Se'i , yaitu daging asap yang sepertinya kalau sudah matang di pelintir jadi  panjang lalu dipotong, dicocol pake sambal yang diberi daun kemangi, mantapp deh!... ( nulis sambil ngiler.. haha). Umumnya se'i dading sapi atau daging babi. Tergantung selera sih ya. Lalu kalau malam di Jl. Gubernur ada yang rame nih, mmmm...

Penjual jagung bakar bakalan bisa dipilih, karena banyak sekali di sepanjang jalan arah ke pusat pertokoan, bolehlah kalo habis ke Flobamora mall kita mampir makan jagung bakar Rp. 5.000 saja.
ada dua macam pilihan sambal dan bisa bercengkrama asik dengan warga asli kupang, NTT.
Karena mess belum baik betul, sementara aku tinggal di kos'an sederhana namun bersih. huhuhu sedihnya nasib anak rantau, kemana kemana kemana.. ku harus mengadu kemana (ost kemana -ayu ting2 ) sudah di ganti lirik. €€sumpah deh kalau siang panas gila dan kalu malam dingin amat, tapi aku menikmatinya dan aku bisa berlama lama jalan di bawah terik matahari. tidak tau kenapa yang pasti berbeda dengan jawa. 

Beberapa hari kemudian aku datang diacara wedding seorang teman. dengan sok pede atau rasa keingin tahuan yang besar, begutu nekad saja mencari lokasi weddingya hanya bersenjatakan alamat. halooo. mana tau jalan disini? masih nekad aja... haha! padahal hanya perlu 20ment saja tetapi kenyataanya hampir 2 jam mondar mandir di jalan yang sama.

Memang jalan di kupang tidak terlalu banyak ya. hanya jalan 2 arah yang sangat panjang dan gelap. kalau bertemu persimpangan ditambah tidak tau mau belok kiri atau kanan, maka ya sudahlah menjadi selamat menempuh perjalanan panjang.

Kak eko wedding
Sesampainya di gedung acara yang ternyata amat sangat dekat tetapi kutempuh bagaikan surabaya-malang, para undangan lainnya diberi acara cara khas nusa tenggara timur. K-e-r-e-n tariannya, lagunya, prosesnya, kostumnya. hehe...
Ga terlalu kaku namun juga tidak begitu formal. santai namun khidmad. ragam budaya indonesia memang amazing!! serius!! :) aku tidak mengiku acara sampai selesai, karena sudah terlalu lelah mungkin dihabisjan perjalanan tadi. haha..
kami segera memutuskan undur diri. " katong terimakasih ya kakak, su mau hadir lae" tuh kan, lagi lagi bahasa daerah nya berbeda dan aku mendapatkan satu lagi kosakata bahasa daeah. asik.

Selain di Jl. Gubernur, ada juga tempat yang sering di buat nongkrong nih. Namanya taman Nostalgia,kata pak SBY sih agar semua dapat bernostalgia disini, karena ada gong perdamaian yang ada gambar seluruh provinsi di Indonesia. Taman nostalgia ini ada arena bermain, lapangan basket, juga ada penjual makanan. Terkadang kalau weekend suka ramai karena ada festival band lokal. Semua itu adanya di malam hari ya!! karena kalu siang tentunya panas dan waktunya orang kerja dan sekolah.
Taman Nostalgia-Kupang,NTT
Foto di Taman Nostalgia

Menceritakan petualangan saya selama di Kota Kupang, belum lengkap dong kalau tidak menceritakan sedikit saja tentang xXx International Club. Owner dan direksi setahu saya sih orang Jawa, tetapi kemungkinan memang ingin berinvestasi di kota yang sedang berkembang ini. So, apa posisi saya dan bagaimana keseharian saya? haha... hanya pegawai biasa yang berusaha mencari nafkah demi sesuap nasi. Karena manajement yang kurang bersih membuat saya kurang bertahan disini. Tetapi semoga xXx International Club ini dapat segera sehat dan tentunya tumbuh menjadi besar dan bertahan lama. ^.^ 
Saya dan crew xxx International Club kupang

Ini Lay Out seerhana


XXX International Club Kupang